Upgrading Briket Arang Batok Kelapa Untuk Ekspor

Arang kelapa banyak dimanfaatkan selain untuk bahan obat dan farmasi, juga di Kawasan timur tengah digunakan sebagai bahan bakar shisha atau rokok Arab. Pengembangan produk kelapa ini dilakukan untuk memberi nilai tambah langsung ke petani dan memperluas akses sampai menembus pasar ekspor negara-negara Eropa. Rapat diawali pemaparan prospek ekspor arang tempurung dari DPP Perpaki serta tanggapan dan respon dari Konjen RI Istanbul, Turki. Berkat kerja sama dengan para pelaku sektor manufaktur tanah air terutama produsen furnitur kayu tradisional dan produk rotan terbaik, divisi perdagangan Sarinah selalu menjadi peritel unggulan dalam hal ekspor.

Selain itu, CV Indoarab Interprise juga mendapatkan Fasilitas Pembiayaan Penugasan Khusus Ekspor senilai Rp 1,5 Miliar yang mampu mendorong kenaikan ekspor hingga 7 ton per bulan. Suara.com – PT Indonesia Eximbank atau Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan RI, memiliki mandat untuk melahirkan para eksportir baru. LPEI sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan RI, memiliki mandat untuk melahirkan para eksportir baru. Arang yang diangkut dengan truk itu akan dibawa ke Pelabuhan Internasional Tanjung Priok, Jakarta Utara, kemudian dikirim menggunakan kapal pada Kamis (5/11). “Untuk sekelas UMKM Dahana, kegiatan eksportasi dan penambahan jumlah pekerja di masa pandemi, merupakan suatu prestasi,” kata Ketua PKBL Dahana Eman Suherman dalam siaran di Jakarta, Rabu (4/11). Untuk tampilan terbaik Anda dapat gunakan berbagai jenis browser kecuali IE, Mozilla Firefox 3-, and Safari three.2- dengan lebar minimum browser beresolusi 275 pixel.

Dia memulai bisnis bukan dari briket arang tapi alat Shisa untuk rokok di Timur Tengah. Dia menceritakan briket arang itu sangat erat kaitannya dengan Shisa. Dia menyebut memang sempat ada permintaan untuk briket, namun tidak langsung dia lakukan.

Ekspor arang

Dengan 1,5 juta butir kelapa menghasilkan sabut kelapa yang dikonversi menghasilkan Rp1,eight miliar,” kata dia yang juga Consulting Engineer di perusahaannya PT. “Meskipun Pemerintah Meksiko menerapkan bea masuk yang cukup tinggi untuk produk kopi dari luar, hal tersebut tidak membuat kami menyerah. Ini karena kopi Indonesia memiliki rasa yang eksotik dan mengambil posisi di level premium.

Hal ini membuat Perpaki optimistis kedepan Kaya Sinerji dengan keunggulan komparatif dan jaringan distribusi pasar yang dimilikinya tidak hanya menjual briket arang kelapa, namun dapat juga mendistribusikan semua produk turunan kelapa lainnya. Terbukti, KJRI Istanbul menyambut baik pendirian perusahaan distribusi asal Indonesia di Istambul yang bergerak di bidang penyaluran hasil produk briket arang kelapa binaan PERPAKI. Direktur Utama PT Tom Cococha Indonesia, Asep Jembar Mulyana, mengatakan, tempurung kelapa hanya 16% dari complete volume kelapa, sehingga untuk memenuhi kebutuhan bahan baku tergantung dari pengusaha minyak dan sabut kelapa. Sekitar 90% produsen arang briket tempurung kelapa di Indonesia memproduksi arang shisha. Indonesia merupakan produsen arang shisha terbesar dan terbaik di dunia. Menurut information Kementerian Perdagangan tahun 2019, nilai ekspor arang kayu Indonesia Kuwait sejak 2015 mencapai US$ 2,eight juta per tahun dan termasuk 10 besar komoditas ekspor non-migas unggulan di Kuwait.

Kami butuh data para pembeli arang dari luar negeri, karena harga di dalam negeri tidak dapat menutupi biaya operasional pembuatannya. Di dalam negeri mungkin iya, tapi di Arab Saudi arang malah menjadi primadona. Arang menjadi komoditas yang sangat laku, sebab orang di Arab lebih suka dan malah dianjurkan memasak makanan menggunakan arang. Padahal, siapa yang tidak tahu kalau negara ini kaya luar biasa dengan sumber daya alamnya. Dengan demikian, diharapkan ke depannya dapat terbentuk Indonesian Store dan distribution heart untuk produk indonesia di Turki. Mengingat letak strategis Turki yang dapat dijadikan hub bagi ekspansi ekspor ke kawasan Uni Eropa, Rusia dan juga kawasan Timur Tengah.