Sebagai Generasi Muda Indonesia, Ini Sikap Toleransi Yang Harus Dibiasakan

INDIRA WIBOWO, S.T., C.PS (Public Speaker, Duta Wisata Indonesia 2017, dan Owner @mydearscraft), pada sesi KECAKAPAN DIGITAL. Indira memaparkan tema “TIPS DAN TIRCK MENGHINDARI PENIPUAN DIGITAL”. Dalam pemaparannya, Indira menjelaskan internet sehat adalah konsep penggunaan web untuk melindungi diri sendiri serta orang lain dari kemungkinan bahaya atau risiko di dunia online. Penipuan digital, meliputi phising, lowongan kerja palsu, toko on-line palsu, dan lain-lain. Tips mengenali toko on-line palsu, meliputi memiliki followers banyak tapi tidak aktif, komentar dinonaktifkan, tidak memiliki testimoni, harga lebih murah dari harga aslinya, serta tidak mempunyai alamat toko yang jelas. Ciri-ciri phising, meliputi selalu perhatikan email yang digunakan, waspada website plesetan, perhatikan sapaan yang digunakan, cek altenative teks, serta tata bahasa yang buruk.

Dari definisi di atas kita tahu bahwa sikap toleransi merupakan sikap yang mampu dan mau menerima serta menghargai segala perbedaan yang ada. Dalam hal ini juga sikap menerima dan menghargai akan keragaman agama. Berbagai buku cerita bergambar yang menampilkan toleransi akan dengan mudah menempel pada anak karena karakter dan permainan warna biasanya membuat pesan pada buku cerita semakin menarik dan mudah diingat.

Orang-orang Indonesia, di sisi lain, tidak cukup kuat untuk melawan pemimpin kolonialis dan karenanya membutuhkan bantuan dari luar untuk menghancurkan sistem kolonial. Bab selanjutnya dalam proses kebangkitan nasionalisme Indonesia adalah pendirian partai politik pertama berbasis masa, Sarekat Islam, pada tahun 1911. Waktu luang yang kamu pakai untuk bermain hp ataupun melakukan suatu hal yang tidak jelas, sebenarnya dapat kamu lakukan untuk melakukan segala hal positif.

Melatih sikap toleran kita

Anak-anak yang merasa nyaman dengan dirinya juga lebih senang bereksplorasi dan tidak ragu berdebat dengan sehat. Mendukung merekaDokter, perawat, dan petugas medis merelakan diri untuk membantu kita dengan melindungi diri mereka selama bekerja. Perlu kita pahami bahwa mereka dan keluarga mereka tidak membahayakan orang-orang yang mereka temui. Kalau kita bandingkan dengan situasi negara lain, antara Palestina dan Israel ini kan sangat jauh sekali. Saya berharap seluruh umat bergama terus berusaha untuk menjaga situasi ini untuk menjadi lebih baik. Wapres juga mendorong seluruh masyarakat untuk membangun komitmen kebangsaan yang terangkum dalam empat bingkai kerukunan, yakni teologis, politik, sosiologis dan yuridis.

Jika setiap orang mampu menumbuhkan rasa toleransi antar sesama, maka setiap silaturahmi dan pergaulan dalam Islam dapat terjaga dengan baik. Atau, adakah sosok dengan kemampuan interpersonal yang Sobat kagumi? Jika ada, mintalah pada beliau untuk menjadi mentor agar keterampilan interpersonal yang sudah ada pada dirimu saat ini dapat ditingkatkan lagi. If you must construct your confidence from scratch, simply attempt to smile, Sobat Pintar. Biasakan untuk menyimak dan memahami apa yang disampaikan orang lain. Berbekal pemahaman yang utuh, kita dapat menyampaikan sesuatu dengan percaya diri.