Persiapkan Kegiatan Mos Yang Menarik Dan Mendidik

Oleh sebab itu guru dituntut untuk selalu dapat meningkatkan kemampuan, ke-terampilan, pengetahuan dan atau me-nemukan inovasi-inovasi baru, serta mampu mengikuti perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Kenyamanan menjadi hal yang penting bagi proses belajar mengajar karena dari pengalaman saya, selama saya sekolah, apabila kondisi kelas kondusif dan nyaman, saya merasa akan lebih mudah menyimak dan memahami materi yang disampaikan oleh pengajar dengan baik. Jadi menurut saya kenyamanan dalam belajar mengajar itu penting dikarenakan akan memberikan semangat lebih dan meningkatkan kefokusan pelajar untuk belajar.

Sebagai anak bangsa kita wajib memberi penghormatan atas jasa-jasanya yang telah diberikan kepada bangsa ini. Bentuk penghormatan yang baik adalah meneladani semangat hidupnya dan mengemban visi dan misi beliau di bidang pendidikan. Karena melalui lembaga pendidikan inilah kita membangun masa depan bangsa yang dicita-citakan. Perubahan bangsa ini ke arah yang lebih baik bermula dari lembaga pendidikan.

Untuk menjadi seorang guru yang jujur dan ikhlas itu tidak semudah membalikkan telapak tangan tapi membutuhkan proses yang cukup panjang. Ketika didapati ada peserta didik beliau yang menampilkan sikap atau berbuatan yang tak semestinya ia lakukan, maka dengan segera Rasulullah memperingatkannya. Namun bila sikap dan berbuatan tersebut sudah terlampau batas kewajaran maka Rasulullah pun mulai menampakkan kemarahannya. Kemarahan disini bukanlah luapan emosi yang tak terkendali, namun adalah sebuah sikap yang berupa jalan untuk mendidik atau mengarahkan ke jalan yang benar.

Pembimbing mungkin menjadi pelatih, motivator, sumberinformasi, dan pasangan belajar, bergantung pada konteks . Di Inggris, istilah pembimbingan menjadi in style melebihi supervisi di saat semakin banyak guru sekolah yang melakukan pembimbingan terhadap calon guru di sekolah mereka . Learning to know, yaitu proses belajar untuk mengetahui, memahami, dan menghayati cara-cara pemerolehan pengetahuan dan pendidikan yang memberikan kepada peserta didik bekal-bekal ilmu pengetahuan. Proses pembelajaran ini memungkinkan peserta didik mampu mengetahui, memahami, dan menerapkan, serta mencari informasi dan/atau menemukan ilmu pengetahuan.

Hal tersebut sangat berguna untuk membantu agar tetap dapat mengingat dan mengulang kembali apa-apa yang telah diberikan. Karena pentingnya materi-materi yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw tersebut, maka beliau sering mengulang-ulang materi yang telah disampaikan agar peserta didik beliau tidak lupa dan senantiasa dapat memahami materi-materi yang diberikan oleh beliau. Diantara ilmu-ilmu pengetahuan yang disampaikan pada setiap tahapan, beliau memperhatikan kesinambungan antar materi pada tahap sebelumnya ke tahap berikutnya.

Nah, berikut beberapa suggestions dalam merancang kegiatan MOS untuk dilaksanakan di masing-masing sekolah. 5) Membentuk karakter peserta didik yang mengedepankan etika-etika Al-Qur’an dan menjadikannya sebagai pijakan dalam memantapkan akidah Islam di dalam hati peserta didik, sehingga mereka akan selalu menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi laranganNya. Melatih anak berpendapat, menyelesaikan konflik melalui diskusi, mengungkapkan emosi secara positif, menghargai perbedaan, mengenali isyarat nonverbal, dan berbagai keterampilan lain yang mendukung perkembangan sosial emosionalnya . Peserta didik diharapkan dapat menjadi pribadi yang disiplin, bertanggung jawab, jujur, penuh rasa hormat, kreatif sehingga dapat menjadi teladan yang benar dalam hal iman, karakter dan perilaku yang tercermin melalui kontribusinya di tengah masyarakat. Bertujuan agar peserta didik merasa dicintai oleh guru mereka di dalam cinta Tuhan yang tidak bersyarat.

Mendidik junior, dan anak didik menjadi pribadi yuang lebih baik

Dalam menjawab tantangan tersebut, maka pilihan yang terbaik atau prioritas adalah mengadakan inovasi atau pem-baharuan sistem pendidikan dan latihan untuk guru-guru. Prioritas inovasi pendidikan dan latihan tersebut dimaksud- kan agar guru dapat mengimbangi tuntutan perubahan di dalam tugasnya. Pembinaan guru ini sangat penting untuk diperhatikan, kalau kita mengharapkan adanya pe-ningkatan mutu dalam setiap pem-belajaran. Judul artikel ini merupakan ekspresi pribadi penulis melihat realitas profesi guru yang sudah melenceng dari “kodratnya” sebagai pendidik yang menentukan “hitam dan putihnya” generasi penerus yang diajar dan dididiknya.

Karena dengan menghadapi kondisi seperti itu saya perlu beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan baik di sekolah maupun di kelas . Setelah menenangkan diri, yang selanjutnya saya lakukan yaitu mengamati lingkungan kelas terlebih dahulu. Hal ini saya lakukan beberapa hari sebelum saya mulai mengajar maupun ketika saya sudah mulai mengajar . Saat beberapa hari sebelum saya mengajar di kelas, saya akan mengamati kondisi di kelas tersebut seperti apa. Apakah rapi dan bersih atau tidak, apakah hawa didalam kelas sejuk atau panas.