Peran Penting Kepemimpinan Dalam Dunia Pendidikan

Jika telah mengenal kelebihan dan kelemahannya, maka kita dapat menentukan hal yang harus diterima dan yang dapat diubah. Hal yang harus diterima yang ia maksudkan, seperti kondisi pandemi saat ini yang mendorong kita untuk beradaptasi dengan situasi yang ada. “Kalau ada sesuatu yang harus diubah, selalu mulai dari mengubah diri kita sendiri.

Dari itu pemimpin dan kepemimpinan dapat membedkan antara “pemerintah” dan pelayan masyarakat. Pemimpin berkarater mengelola pembangunan sebagai proses pembentukan nilai yang berkesinambungan, bukan hanya sekadar berkuasa untuk lima tahunan. Tanpa semua itu pemimpin akan gagal mengajak rakyatnya untuk bergerak mengatasi carut-marut keadaan.

memiliki sebuah sikap kepemimpinan

Pelaksanaan UUD 1945 harus dilakukan mulai dari konsolidasi norma hukum hingga dalam praktik kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai hukum dasar, UUD 1945 harus menjadi acuan dasar sehingga benar-benar hidup dan berkembang dalam penyelenggaraan negara dan kehidupan warga negara . Manfaat integritas socialIntegritas mampu mengembangkan hubungan antar individu maupun lingkungan masyarakat, misalnya membuat seseorang mau bekerjasama untuk menyelesaikan tugas maupun kegiatan yang menuntut kekompakkan serta kerjasama yang baik. Seorang dikatakan“mempunyai integritas”apabila tindakannya sesuai dengan nilai, keyakinan, dan prinsip yang dipegangnya .

Dia aktif mencari peluang untuk bekerjasama dengan berbagai macam individu, departemen dan golongan tertentu. Daya Ingat yang Kuat, pemimpin harus mempunyai kemampuan inteletual yang berada di atas kemampuan rata-rata orang-orang yang dipimpinnya, salah satu bentuk kemampuan intelektual adalah daya ingat yang kuat. Menyadari bahwa mau tidak mau organisasi harus disusun sedemikian rupa sehingga menggambarkan secara jelas aneka ragam tugas dan kegiatan yang tidak bisa tidak harus dilakukan demi tercapainya tujuan. Tidak perduli seberapa baik pekerjaan mereka, yang penting selesai alias sekadar menggugurkan kewajiban. Pemimpin lebih melihat peran nyata mereka sebagai nilai tambah dan mereka menambahkan kapan pun dan dimana pun mereka melihat kesempatan.

Kepemimpinan yang baik harus mau mengakui bahwa ada hal keliru yang pernah dilakukan. Di Indonesia, kebijakan physical distancing dan PSBB membawa konsekuensi keharusan untuk bekerja di rumah atau dikenal dengan work at home . Bagaimana kinerja dan produktivitas karyawan selama WFH menjadi pertanyaan banyak pihak. Sudah banyak kiat-kiat bagaimana tetap produktif dengan WFH yang disampaikan melalui tulisan, poster atau seminar-seminar daring. Sebagian besar kiat yang diberikan berangkat dari sudut pandang karyawan untuk menjadikan WFH ini menjadi produktif. Sementara itu Ketua BEM Fakultas Ekonomi Agoeng Bhahtiarta Traju Wisena menyampaikan saat ini masih gencar-gencarnya ditanamkan pendidikan karakter diri mahasiswa dalam berinteraksi satu sama lain baik di kampus dan di luar kampus.

Pemimpin harus mampu dengan sifat dan perbuatannya menjadikan dirinya pola anutan dan ikutan bagi orang-orang yang dipimpinnya. Sosok pemimpin harus dapat memberikan teladan yang baik dalam seluruh aspek. Teladan dalam bersikap, teladan dalam kedisiplinan, teladan dalam bertanggung jawab dan tentu saja pemimpin harus menjadi teladan dalam memberikan layanan.

Pemenang dari pemungutan suara anggota partai akar rumput dan anggota parlemen pada 29 September mendatang hampir dipastikan menjadi perdana menteri karena LDP memiliki mayoritas di majelis parlemen rendah. Semua pencapaian tersebut dapat diraih berkat strategi jitu yang ditelurkan Cak Imin sapaan akrab H Abdul Muhaimin Iskandar dalam menghadapi Pemilu 2014. Cak Imin tidak hanya dikenal piawai memainkan strategi politik, ia juga lihai dalam memotivasi semangat calon anggota legislatif asal PKB untuk berjibaku meraih kemenangan.

Keterbatasan kemampuan pimpinan untuk melaksanakan tugas-tugas secarabaik. Keterbatasan ini melingkupi ketarbatasan waktu, energi, pengetahuan,perhatian, pandangan dan sebagainya. Mengamati kegiatan-kegiatan oporasional dan kondisi kondisi yang dihadapi untuk rnengadakan apakah struksi-instruksi telah dijalankan dengan baik dan apakah instruksi tersebut menghambat atau mempelancar proses pencapaian tujuan. Dari sifat-sifat yang harus dimiliki oleh pemimpin tipe demokratis, jelaslah bahwa tidak mudah untuk menjadi pemimpin demokratis.