Mengintip Peluang Ekspor Industri Pakaian Jadi Di Tengah Covid

Pakaian jadi yang dimaksud seperti baju atasan kasual dan formal, bawahan, terusan, outwear, headwear, pakaian bayi, bahkan berbagai produk muslim juga justru banyak yang impor seperti gamis, baju koko hingga hijab. Indonesia beberapa tahun terakhir terus mengalami tren peningkatan impor tekstil dan produk tekstil yang cukup signifikan. Mulai tahun 2015, Indonesia mengimpor hingga US$ 7,98 miliar TPT dari berbagai negara. Angka itu perlahan naik pada 2016 menjadi US$ eight,16 miliar dan 2017 menjadi US$ eight,eighty miliar. Pakaian adalah bahan tekstil dan serat yang digunakan sebagai penutup tubuh. Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat berteduh/tempat tinggal .

Ekpor Baju

Saat itu ia menyampaikan bahwa para pelaku usaha sangat butuh dukungan masyarakat Indonesia untuk mencintai produk dalam negeri yang secara kualitas tidak kalah dengan brand-brand luar negeri. “Cinta dan bangga dengan produk lokal saja tidak cukup, tapi harus dibeli, dikonsumsi barangnya. Peserta juga belajar cara pengiriman foto produk dipraktikkan pada hari kedua pelatihan tersebut, untuk ditawarkan di pasar ekspor.

Dukungan terhadap produk lokal tersebut bisa dimulai dari hal paling kecil, yakni dengan cara membeli dan mengonsumsi produk dalam negeri. Jam saya produk lokal dari kayu produksi di kampung saya di Sulawesi Utara. Celana saya produk lokal sampai dengan sepatu yang saya pakai,” imbuhnya. KBLI berfungsi untuk menyeragamkan aktivitas ataupun kegiatan usaha di Indonesia menjadi sebuah klasifikasi yang bisa digolongkan.

Jadi dengan menjual produk yang mereka ciptakan, produk baju branded yang kita jual juga sudah mengikuti pattern fashion terkini. Imbasnya kata dia, berbagai produk pakaian jadi yang masuk ini bisa mengancam kelangsungan produsen, IKM dan tenaga kerja di tanah air. Suara.com – Industri tekstil dan produk tekstil mengalami penurunan penjualan karena pandemi Covid-19, ditambah lagi dengan maraknya produk impor pakaian jadi, khususnya dari China dan Thailand. Ekspor merupakan kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean Indonesia ke daerah pabean negara lain.

Video viral tersebut berdurasi 45 detik, dan pertama kali diunggah oleh akun Dodik Gombloh di group Facebook. Dari video tampak seorang pria tanpa mengenakan baju mengendarai sepeda motor. Lebih lanjut Bulut Bagci menilai bahwa Indonesia memiliki kekayaan pariwisata. “Indonesia adalah tujuan wisata ‘kelas satu’ dengan orang-orangnya yang hangat, budaya yang beragam, dan alam yang indah. Ini merupakan kekuatan yang dapat mendorong pariwisata, kestabilan politik, dan mekanisme demokratis,” ucapnya.

Namun, kita juga harus melihat besarnya potensi ekspor yang belum terealisasikan bagi produk pakaian jadi Indonesia. Ternyata, Jerman dan Jepang adalah negara yang potensi ekspornya belum dioptimalkan. Masih terdapat 202 juta USD dan 358 juta USD potensi ekspor di Jerman dan Jepang yang belum terealisasikan bagi produk pakaian jadi Indonesia.