Melatih Sikap Toleran Kita

Selain itu, berpuasa dapat menjauhkan diri dari perbuatan aniaya, teror, dan bentuk kerusakan lainnya. Tapi jangan lantas membatasi ruang geraknya, dengan hanya membiarkan anak bergaul dalam kelompok tertentu saja. Dalam beberapa ajaran tentang ibadah, khususnya ibadah madhah khassah, seperti berwudlu, shalat, dan haji, dalam kaifiyatnya selalu memasukkan rukun tertib sebagai salah satu rukun yang harus dilakukan. [newline]Hampir semua imam madzab besar memasukkan rukun tertib sebagai salah satu rukun dalam wudlu, shalat, dan haji, kecuali dalam Mazhab Hanafi. Artinya dalam tata cara ibadah Islam mengajarkan tentang pentingnya melakukan suatu kaifiyat ke kaifiyat berikutnya secara tertib dan teratur.

Toleransi diartikan juga sebagai sikap menghormati dan menghargai setiap tindakan orang lain. Selain itu, tujuan dari saling mengunjungi saudara-saudara kita yang berbeda agama adalah untuk mempelajari mengenai hal-hal positif dari agama tersebut, serta untuk saling menghormati dan menghargai. Dengan demikian jika seseorang menghargai perbedaan orang lain yang berbeda fisik maupun psikis, sudah bisa disebut dengan wujud dari toleransi.

Namun banyak masyarakat yang tetap memegang teguh adat mereka dan melakukan apa yang boleh dilakukan dan tidak akan melanggarnya jika tidak boleh. Namun bagaimana membangun sikap yang toleransi dengan benar dan juga diterima oleh banyak orang, mengingat banyak orang yang sulit sekali menerima toleransi, berikut ini pilihannya. Hal tersebut memang berlaku untuk negara barat, namun di Indonesia hanya sebagian kecil orang yang benar-benar menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hanya beberapa orang saja yang dapat memanfaatkan waktu dalam hidupnya dengan sebaik mungkin.

Mereka masih berusaha memenuhi tuntutan untuk memiliki fakultas, jurusan dan program studi. Disamping itu pembenahan tenaga kerja pendidikan juga bisa dilihat dari manajement Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di perguruan tinggi. Padatnya tuntutan akademik itu menyebabkan mahasiswa kekurangan waktu meningkatkan kemampuan di luar kampus dan organisasi. Contohnya adanya tuntutan kampus untuk lulus cepat, yaitu 3.5 tahun.

Kualitas berkomunikasi tak hanya ditentukan oleh pesan verbal yang disampaikan, tapi cara menyampaikannya juga mengimplikasikan pesan tersendiri. Intonasi suara, bahasa tubuh, dan ekspresi wajah kita mampu menyampaikan pesan yang sama pentingnya dengan kata-kata yang diucapkan. Perbedaan karakteristik ini penting dimiliki, karena menjadi ciri khas masing-masing orang maupun suku tertentu.

Melatih sikap toleran kita

Sebagai individu, perlu ditanamkan toleransi saat orang lain beribadah menurut kepercayaanya. Sikap menghargai pendapat orang lain inilah yang akan menjaga perdamaian dan persatuan. Selain masyarakatnya yang harus sama-sama belajar untuk menghargai dan menghormati ajaran agama lain, para pemuka agama juga harus bisa melakukan hal tersebut.

Dengan ,enjaga kenyamanan hati orang lain akan membawa ketenteraman dalam hidup kita dan terhindar dari konflik yang nggak perlu. Di usia produktif menjadi masa dimana mencari teman sebanyak-banyaknya. Di momen ini pula kita akan bertemu orang dengan latar belakang yang berbeda.