Ini Ikan Asal Ri Yang Paling Laris Di Pasar Ekspor

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 jenis ikan ekspor Indonesia paling populer yang wajib Sobat Agri ketahui. Dengan bentangan laut yang luas, tak heran jika Indonesia menjadi salah satu negara pengekspor ikan terbesar di dunia. Sarjono berharap pemerintah daerah bisa membantu untuk mencarikan investor supaya pengelolaan udang rebon bisa maksimal di Cilacap. “Sebenarnya sudah ada investor, namun yang masih bertahan hanya satu saat ini.

Sebelumnya Menteri Trenggono menyatakan akan rutin melakukan pembinaan kepada pelaku usaha mulai dari hulu sampai hilir untuk memastikan produk yang dihasilkan terjamin mutu dan kualitasnya. Ini dilakukan agar ekspor produk perikanan Indonesia terus meningkat meskipun pandemi. Menurutnya, sinergi dengan berbagai pihak terkait perlu ditingkatkan untuk mengawal produk perikanan Indonesia tidak bermasalah di pasar luar negeri. Selain itu kegiatan ekspor perdana ini juga dapat menjadi pembuka jalan bagi pengusaha yang lain untuk mengikutinya. Dikatakan Machmud, berdasarkan penggunaannya, pasar global ikan hias tersegmentasi pada residensial dan komersil. Segmen perumahan mendominasi pasar world seiring meningkatnya populasi masyarakat yang tinggal di daerah urban.

Kemudian, ada juga Asian Arowana/Scleropages formosus yang populasinya sudah langka, dan berbagai jenis ikan lainnya yang sangat diminati oleh negara-negara tetangga. Selain ekspor ikan, ekspor produk perikanan juga tak luput digiatkan Bea Cukai. Terbukti dengan pelepasan ekspor kepiting hidup milik CV Tiga A dengan negara tujuan China oleh Bea Cukai Banjarmasin pada tanggal 5 Maret 2021. Kepiting hidup sebanyak 93 koli dengan berat complete hampir tiga ton tersebut diekspor lewat jalur udara dengan transit di Jakarta.

Sejumlah pembudidaya ikan terpaksa menurunkan produksi karena hambatan pengangkutan ikan hidup untuk pasar ekspor ini. Hampir setiap tahunnya, nilai ekspor ikan tuna ke negara matahari terbit ini selalu naik. Dengan lanskap seperti itu, tak pelak Indonesia memiliki potensi kekayaan sumber daya laut yang luar biasa, khususnya di sektor perikanan. Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, nilai ekspor hasil perikanan Indonesia memperlihatkan peningkatan di setiap tahunnya. Terlebih lagi, lanjutnya, saat ini mudah sekali mencari informasi cara pemeliharaan jenis-jenis ikan hias melalui ponsel pintar , dan bisa langsung diaplikasikan.

Kita negara kepulauan terbesar, pemerintah akan dukung jangan ragu-ragu,” katanya. Lebih lanjut Menko Luhut mengatakan “Jadi pemerintah melayani, tapi pelaku bisnis jangan bohong. Jadi sama-sama untuk kepentingan nasional, aman, tidak rusak lingkungan tapi mata pencaharian juga jalan.”Saya akan lindungi dan arahkan betul,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Rifky Effendi Hardijanto mengatakan, pemerintah terus mendorong usaha ikan hias di Indonesia. Dia mengharapkan para pembudidaya ikan hias semakin berkembang dengan fasilitas yang lebih baik. Sudah hampir setahun sejak Atase Perdagangan KBRI Beijing meminta KLHK berkomunikasi dengan pemerintah China agar ekspor Arwana ke negara Tirai Bambu kembali lancar. Yang jelas hingga tulisan ini dibuat, pengusaha dan penangkar ikan hias Arwana di Indonesia masih belum bisa melakukan ekspor ke China. Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia Risyanto Suanda mengatakan, pemrosesan ikan dari penangkapan hingga ke pasar menjadi faktor utama yang menghambat ekspor ikan di Indonesia.

Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Bandung, Dedi Arief memaparkan komoditas ikan hias menunjukkan grafik yang menggembirakan dari tahun ke tahun. Tahap ketiga, petugas BKIPM akan melakukan pengujian mutu dan hama penyakit ikan di lokasi penyimpanan atau penampungan komoditas yang akan anda ekspor. Tahap keempat, jika hasil uji menyatakan lolos, petugas BKIPM akan mengeluarkan sertifikat sehat atau Health Certificate yang artinya layak untuk ekspor. Amin mengingatkan bahwa Indonesia belum mampu berbuat banyak dalam memanfaatkan sumber daya perikanan di wilayah zona ekonomi eksklusif Indonesia karena minimnya kapal-kapal bertonase besar, yaitu kapal di atas one hundred fifty tonase kotor (Gross Tonnage/GT). Selama tahun 2020, terdapat 6 kasus positif produk perikanan dari Indonesia yang diekspor ke China. Jumlah tersebut ternyata meningkat pada tahun 2021 menjadi 37 kasus hingga 9 Agustus 2021.

Ekspor Ikan

Norwegia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam melimpah dan terkenal akan komoditas ekspor ikan salmon yang besar di seluruh dunia. “Oleh karenanya, kami bekerja keras untuk menjaga ketersediaan bahan baku, memberikan kemudahan izin usaha, memfasilitasi insentif, dan juga mendorong perluasan pasar ekspor,” tuturnya. Geliat aktivitas sektor industri akan membawa dampak yang luas bagi perekonomian, di antaranya penerimaan devisa dan penyerapan tenaga kerja. Dikatakan, untuk dilakukan ekspor hasil ikan laut di Pulau Bawean para pelaku usaha harus mengantongi ijin sertifikat kesehatan yang nantinya akan sepenuhnya dibantu oleh pihak Bea Cukai dan Diskoperindag Gresik.

Di periode Januari-April tahun 2019 misalnya, nilai ekspor Indonesia mencapai US$ 212 juta atau four,47% dari total impor produk kelautan dan perikanan Tiongkok. Jumlah ini meningkat menjadi US$ 223 juta atau 5,13% whole impor produk kelautan dan perikanan Tiongkok di tahun 2020. Salah satu pelaku usaha ikan hias Minaqu, Muyke Febriana yang telah berhasil melakukan ekspor ke Amerika dan Maladewa, meyakinkan peserta bahwa usaha ikan hias sangat menjanjikan. “Namun dalam pengembangan usahanya dibutuhkan ketekunan mulai pembudidayaan, penanganan hingga pemasaran,” kata Muyke. “Yang lebih membanggakan lagi, UPT BKIPM Bandung menduduki peringkat 2 ekspor ikan hias nasional,” kata Dedi.