Eight Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Merintis Usaha

Namun, dengan strategi brilian, Unilever juga dapat menjangkau kelas bawah dengan membuat kemasan sachet. Poltak mencontohkan Wal-Mart yang memposisikan untuk pelanggan kelas bawah dengan menyediakan barang-barang generik dan dengan harga paling murah. Saat ekonomi bagus, masyarakat kelas bawah belanja di Wal-Mart, dan saat ekonomi sulit, masyarakat kelas atas juga ikut belanja di Wal-Mart. Poltak menyarankan agar setiap calon pengusaha untuk melakukan riset SWOT dan terus mengawasi para pesaing. Seorang enterpreneur membutuhkan tim kerja dan spesialisasi untuk mengembangkan perusahaannya.

Sebelum terlalu banyak pelanggan potensial menjadi pelanggan setia kompetitor Anda, kini waktunya untuk mencari tahu bagaimana Anda bisa bertahan dalam memasarkan bisnis secara on-line. Dengan mengetahui informasi ini, Anda bisa mendapat kesempatan untuk menerapakan perubahan pada web site dan strategi marketing Anda, yang membantu Anda mencapai keberhasilan ke tingkat yang lebih tinggi. Ketika meriset apapun secara online, sangat penting untuk mengingat kalau tidak semua informasi yang tersedia akurat. Hal ini dikarenakan berbagai faktor, termasuk konten yang ditulis oleh mereka yang tidak memiliki cukup pengetahuan tentang subjek yang ditulis atau konten ditulis bertahun-tahun lalu dan sudah kadaluarsa. Website perusahaan yang baik akan meningkatkan citra perusahaan, terutama bila produk dan layanannya bagus.

Hal yang bisa dilakukan sebelum memulai sebauh usaha

Dalam profil pribadi Google+, buat lingkaran untuk buyer, vendor, dan orang lain agar tertarik dengan merek Anda. Setiap minggu, posting video dengan durasi singkat yang menawarkan suggestions atau tutorial untuk customer Seperti tutorial tata cara menggunakan produk dengan baik. Memberikan penawaran promosi melalui Twitter merupakan cara murah untuk menyebarluaskan informasi dengan retweet. Semua konten, baik itu grafis, foto, maupun video dapat terbuka dengan cepat dan mempunyai kualitas gambar yang tajam dan bersih. Setiap hyperlink seluruh situs dalam web site tersebut dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan halaman yang dimaksud. Dalam berwirausaha perlu mengajak atau mencari associate usaha dengan visi yang sama.

Namun, jika anda tahu target pasarnya maka promosi akan menjadi lebih mudah. Untuk mempromosikan suatu produk maka harus sesuai dengan goal pasar. Jadi, pelajari terlebih dahulu siapa goal pasar dan cari cara efektif memasarkannya. Banyak pelaku usaha kerajinan mempunyai idealisme tinggi dan akhirnya terjebak dalam produksi yang kurang sesuai dengan selera pasar. Dalam setiap bisnis, menentukan goal market sangatlah penting karena jika sudah memiiki goal market maka produk yang dijual bisa disesuaikan dengan kebutuhan goal market tersebut. [newline]Setelah proses riset pasar sudah dilakukan, maka saatnya memvisualisasikan hasil riset dan mengambil tindakan. Meskipun riset pasar telah selesai, namun ada tetap harus melakukan analisis knowledge secara teratur supaya bisa melihat mana yang harus ditingkatkan.

Dengan begitu, Anda akan memiliki gambaran mengenai minat dan kebutuhan calon pelanggan Anda nantinya. Usahakanlah untuk melakukan survey dengan luas agar hasil yang Anda dapatkan lebih meyakinkan. Salah satu contoh perusahaan yang tidak melakukan perencanaan yang baik adalah Kodak. Namun, karena mereka kuat menjadi tidak waspada disalip kompetitor, sehingga Kodak bangkrut tahun lalu,” kata analis pasar modal ini. Ada prinsip yang berlaku dan diterapkan cukup banyak oleh pelaku bisnis digital, jika Anda memiliki latar belakang sebagai public figure, maka personal branding sebaiknya dilakukan sebelum produk branding.

Rencanakan pengeluaran yang Anda miliki agar jauh lebih kecil dari pendapatan. Dana lebih yang akan didapat nantinya bisa digunakan untuk investasi dan mengembangkan usaha. Mengingat semua proses jualan dilakukan secara on-line, mulai dari menjajakan produk, memasarkan produk, hingga proses pelanggan beli nantinya pasti akan melalui situs atau media sosial yang telah Anda buat.

Kita harus melakukan serangkaian promosi jitu untuk menarik banyak konsumen ke toko kita. Dengan melakukan riset pada pasar yang sesuai target barulah pelaku usaha bisa mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen dalam jumlah cukup besar. Ini akan menjadi peluang bagi perusahaan untuk menambah omzet dan keuntungan. “Oleh karenanya, riset terhadap pasar dibutuhkan sebelum melakukan bisnis untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang akan ditawarkan sesuai dengan kebutuhan di pasar,” ujarnya. Mengembangkan jaringan perlu dilakukan untuk memasarkan usaha Anda. Melalui proses ini, Anda jadi lebih memahami kebutuhan konsumen serta mengetahui kelebihan atau kekurangan produk serupa yang ada di pasaran.