Dorong Ekspor Dari Berbagai Daerah Tanah Air, Bea Cukai Terus Jalin Sinergi

Acara ini mendapat banyak dukungan dari berbagai kalangan termasuk Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perdagangan RI. “Sebagian besar untuk mobil karena kita ingin ini jadi sebuah hub besar untuk otomotif di kawasan, kita ekspor ke Australia, New Zealand, ke negara-negara Asean semua berangkat dari Pelabuhan Patimban ini,” tuturnya. “Ini semuanya dalam rangka memperbaiki daya saing kita sehingga ‘competitiveness’ kita jadi naik artinya nanti ada pelabuhan khusus untuk mobil meskipun yang lain juga,” kata Presiden dilansir dari Antara.

Ekspor tanah

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik , nilai ekspor industri pengolahan pada Agustus 2021 sebesar USD16,37 miliar, meningkat 20,67 persen dibanding Juli 2021 (m-to-m) dan melonjak fifty two,62 persen dibanding Agustus 2020 (y-on-y). Sektor industri memberikan kontribusi terbesar hingga seventy six,42 persen terhadap total nilai ekspor nasional pada Agustus 2021 sebesar USD21,forty two miliar. Mencukil data Badan Pusat Statistik , nilai ekspor industri pengolahan pada bulan Agustus 2021 sebesar USD16,37 miliar, meningkat 20,67% dibanding Juli 2021 (m-to-m) dan melonjak 52,62% dibanding Agustus 2020 (y-on-y).

Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi mengatakan bahwa kinerja ekspor pertanian akan terus meningkat dengan adanya program Merdeka Ekspor. Program Merdeka Ekspor bertujuan menggerakkan semua kabupaten dan kota untuk melakukan akselerasi pada sektor ekspor tanah air. Sularso, Wakil Bupati Kabupaten Merauke yang juga turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Kabupaten Merauke sendiri punya banyak potensi dibidang non migas terutama komoditas pertanian.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Yunus Saefulhak mengatakan pemerintah memang berencana mengizinkan ekspor logam tanah jarang sembari memastikan kesiapan industri dalam negeri untuk menyerap mineral tersebut. [newline]Industri pertambangan kita merupakan suatu kekayaan negara yang penting untuk dilestarikan. Untuk itu, pemerintah berupaya pada pemenuhan kebutuhan produk pertambangan baik itu untuk lokal maupun ekspor. Terutama dalam ekspor, perlu dilakukan dalam pengendalian ekspor produk pertambangan agar lebih baik, lebih ekonomis, dan tepat sasaran. Sehingga, pelaku usaha untuk dapat mengekspor produk pertambangan ini diwajibkan untuk memiliki izin Eksportir Terdaftar Produk Pertambangan serta Verifikasi Surveyor yang ditunjuk Kementerian Perdagangan. Dikarenakan sifatnya yang non-renewable , maka penting sekali pemerintah kita untuk melestarikan ketersediaannya.

Dalam kerangka pembangunan industri yang mandiri dan berdaulat, Kemenperin terus mendorong optimalisasi beberapa program, di antaranya program substitusi impor 35% tahun 2022, program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri , dan hilirisasi sumber daya alam. Selain itu, di tengah masa pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat , Kemenperin terus menyempurnakan kebijakan dalam rangka memastikan pelaksanaan protokol kesehatan dalam operasional dan mobilitas kegiatan industri. Hal ini, menurutnya perlu dukungan dari semua pihak dalam upaya menciptakan iklim usaha yang kondusif di tanah air. Sebelum penyampaiam materi, Wabup Bintan dalam sambutannya sempat menyinggung persoalan angka impor hasil pertanian yang dianggapnya masih bisa ditekan. “Selain mendorong peningkatan produksi kakao di dalam negeri, perlu adanya diversifikasi produk cokelat dan kakao olahan.

Merauke – Kementerian Pertanian bersama pemerintah Kabupaten Merauke bersinergi tingkatkan ekspor non migas terutama berbagai komoditas pertanian yang potensial. Pihak eksekutif industri bahkan sudah melakukan riset terkait dampak bagi AS, Eripa dan kontraktor pertahanan jika China membatasi ekspor tanah jarang, selama perselisihan bilateral. Di mana ekspor golongan Kayu dan Barang dari Kayu senilai 6,9 juta dolar AS, ekspor golongan nonmigas lainnya senilai 126,71 dollar AS, pada bulan ini tidak terdapat ekspor golongan ikan dan hewan air Lainnya. Larangan itu bakal diterbitkan bersamaan dengan larangan ekspor bahan tambang radioaktif seperti uranium dan thorium. Menteri AGK mendorong masyarakat untuk meningkatkan penggunaan produk industri dalam negeri sehingga membantu perekonomian nasional.

TRIBUNNEWS.COM – Hari ini, Sabtu 14 Agustus 2021, Presiden Joko Widodo meluncurkan program Merdeka Ekspor. Program ini diluncurkan dalam rangka menggerakkan semua kabupaten dan kota untuk melakukan akselerasi pada sektor ekspor tanah air. Muhammad Musdar, Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke melengkapai bahwa pelatihan Agro Gemilang akan dilakukan oleh Karantina Merauke secara bertahap, dengan tujuan agar dapat mencetak para eksportir baru.

Karena itu, petani Kabupaten Pati yang dulunya konsen menanam ketela, jagung, dan tebu diharapkan juga dapat menyisihkan lahannya untuk menanam kacang tanah. Tim klinik ekspor kembali mengadakan asistensi kepada para pelaku UMKM, kali ini pada produsen mangga dengan melakukan sosialisasi dan asistensi modul ekspor. Eko menjelaskan, mangga Gresik yang berorientasi ekspor ini tidak serta merta bisa langsung dijadikan produk ekspor, nantinya produk ini harus mengantongi izin dari instansi terkait, salah satunya dari Balai Karantina karena merupakan produk hasil tumbuhan.

Tiongkok adalah produsen sekaligus konsumen terbesar mineral dan energi dunia. Kebijakan ekspor tanah dan air telah meninabobokan sebagian besar negara-negara ini, sehingga tidak mempersiapkan diri untuk lepas dari ketergantungan SDA. Akan terus ekspor selagi diperbolehkan dan atas pertimbangan perlu devisa untuk pembangunan , sehingga kepentingan jangka pendek lebih diprioritaskan dan menggeser visi strategis jangka panjang yang jelas lebih penting.