Briket Arang Batok Kelapa Senilai Rp2,7 M Diekspor Ke Tiga Negara

Tidak sekadar efektif, harga bahan-bahan tersebut pun terjangkau sehingga siswa mampu membeli. Harga bahan-bahan tersebut berkisar antara tiga ribu hingga dua belas ribu rupiah. Dari percobaan yang dilakukan, susunan paling efektif untuk menjernihkan air adalah ziolit dengan ukuran kecil pada posisi paling bawah, dilanjutkan arang aktif, pasir aktif, lalu diisi kembali dengan ziolit berukuran sedang. Hasilnya, ketika air tercemar dituang, air yang semula kuning, keruh, dan berbau, menjadi bening dan tidak berbau sama sekali. Air juga dapat mengalir dengan lancar, tidak mengalami penyumbatan. Dari penelitian tersebut, siswa menemukan bahan-bahan yang harganya terjangkau, tetapi efektif menjernihkan air, yaitu ziolit yang berbentuk seperti kerikil dengan ukuran kecil dan sedang, pasir aktif, arang aktif, dan filter akuarium.

Menjadi bagian dari ICCS Global Industries lebih dari menjadi bagian dari tim. Dia mengungkapkan produk briket arang yang berhasil diekspor memiliki kualitas terbaik di dunia. Saat ini CV Indoarab Interprise sudah mengekspor produk hingga ke 10 negara tujuan. Menurut dia dengan naiknya permintaan pasar dari luar negeri ini membuat kebutuhan tenaga kerja meningkat.

Meskipun pembatasan yang terjadi beberapa waktu lalu memukul perekonomian. Belakangan, ketika jagung jadi primadona, petani menebang kemiri dan mengganti dengan jagung. Dampaknya, akhir 2016 dan awal 2017, terjadi banjir bandang di Kota Bima dan Kabupaten Bima.

Ekspor arang

Adapun Direktur CV Mandiri Persada Dewi Sinta mengungkapkan CV tersebut merupakan anggota dari Koperasi Makmur Mandiri yang juga mitra LPDB-KUMKM. Sejak dibina KMM dan LPDB-KUMKM, kata dia, ekspor briket meningkat dari enam kontainer menjadi 19 kontainer per bulan. Dalam kesempatan itu pula, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengapresiasi kerja sama CV Indoarab Interprise dengan LPEI, dan mengharapkan kesuksesan bisnis ekspor tersebut di masa mendatang. Bisnis ini tidak ada yang mengatur harga seperti minyak kelapa di bursa Roterdam, sehingga produsen bebas menentukan harga sendiri. Selain arang, beberapa mitra binaan telah sukses menembus pasar internasional, seperti kerajinan tangan UMKM Subang dan Tasikmalaya.

Bahkan Konsulat Jenderal Republik Indonesia Istanbul mendorong ekspor briket arang binaan Perpaki. “Kami berharap pemerintah bisa membantu dengan mengeluarkan regulasi agar ada jaminan ketersediaan bahan baku, mengingat potensi devisa yang dihasilkan dari ekspor briket ini sangat besar,” tuturnya. Kepada Ganjar, para pengusaha yang didampingi mantan Duta Besar Indonesia untuk Linya, Raudin Anwar itu menyampaikan bahwa kenaikan ekspor briket batok arang Jateng berkisar antara persen.

Angka ini bisa lebih kalau harga kemiri petani harga Rp4.500 per kg. Untuk akses logistik, lanjut Dewi, produk briket arang Tasikmalaya ini menggunakan pengiriman jalur laut melalui Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Produk arang kelapa Indonesia yang paling banyak diekspor ke negara China, Irak, Saudi Arabia, Srilangka, Malaysia, Lebanon dan German sedangkan produk serabut kelapa Indonesia diekspor ke negara China sebesar 31,5 ribu ton atau senilai USD 8,eighty five juta,” kata Kasdi. Selain itu sabut kelapa dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan, bahan bakar, pupuk natural dan briket serta sebagai komponen alat penyaring air.

“Selain Turki, Kaya Sinerji saat ini sudah menerima permintaan produk briket arang kelapa untuk dikirim ke Bosnia, Albania, Rusia, Prancis dan Amerika Serikat,” imbuhnya. Diharapkan ekspor arang Indonesia di awal tahun ini dapat menambah peningkatan nilai perdagangan Indonesia-Turki untuk tahun 2021. Misalnya, VCO, Carbon Active, Dessicated Coconut, Coconut Chip, Coconut Water, Nata Decoco, Coco Peat dan sebagainya baik dalam skema B2B atau B2C. CEO perusahaan Kaya Sinerji, Tufan Algivari mengungkapkan bahwa Turki merupakan pasar potensial bagi produk briket arang kelapa Indonesia yang dikenal memiliki kualitas terbaik di dunia.

Husodo meyakini bahwa produk kopi bisa menjadi pintu bagi para pelaku usaha di Meksiko agar tertarik dengan produk Indonesia. Pasar kelapa olahan bukan hanya untuk ekspor tetapi jangan dilupakan pasar dalam negeri juga sangat besar. Pasar snack di Indonesia sangat besar., pisang, singkong, apel sudah diolah jadi kripik dan banyak dikonsumsi masyarakat.

Gunawan menyampaikan, pasca pelaksanaan pameran Saudi Food, Hotel and Hospitality 2016, ITPC Jeddah banyak mendapatkan permintaan dari para pengusaha resort dan restoran di Arab Saudi mengenai komoditas arang kayu. Permintaan ini meningkat sejak menjelang datangnya bulan Ramadan lalu. Salah satu pelaku usaha atau industri pengolahan coconut charcoal, PT. Tom Cococha Indonesia yang berlokasi di Tujurhalang, Bogor, pada bulan Maret hingga April 2020 tetap berproduksi untuk memenuhi permintaan pasar Eropa dan Timur Tengah. Briket dari tempurung kelapa berpotensi menjadi energi alternatif yang bisa dimanfaatkan.