Bisnis Paling Awet Di Masa Depan Usai Pandemi Covid

Kebiasaan baru yang dimaksud seperti bekerja di luar kantor, keseimbangan hidup, akses ke e-commerce dan layanan pengiriman barang, serta layanan kesehatan on-line alias e-health. “Orang dan organisasi akan menemukan manfaat dari cara baru hidup dan bekerja. Ini akan menantang bisnis tradisional dan gaya hidup yang ada ,” demikian tertulis dalam analisis Firma tersebut yang bertajuk “Shifts in the Low Touch Economy”. Kebiasaan baru di masyarakat seiring pandemi corona akan memunculkan peluang-peluang bisnis baru. Permintaan untuk melacak kontak, membayar tanpa menggesek kartu, dan cara-cara baru membangun kepercayaan menjadi fokus penting dari apa yang belum berhasil dilakukan oleh ekosistem perusahaan yang saat ini ada.

Kebalikan dari itu, suatu peluang yang besar jika tidak bisa memanfaatkanya dengan baik, maka tidak akan menghasilkan apapun. Jangan merasa gengsi ataupun malu hanya karena usaha Anda masih kecil, brand Anda belum terkenal, dan memiliki kekurangan. Tentukan tujuan bisnis Anda karena Anda harus tahu apa saja yang ingin dicapai dalam Deposit Emoney jangka pendek hingga jangka panjang. Dengan begitu, Anda dapat memikirkan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengejar target-target Anda. Persyaratan utama untuk berbisnis adalah Anda harus mempunyai visi dan misi yang jelas. Anda tidak bisa hanya mengandalkan keinginan saat ini, tapi Anda harus merencanakan masa depan bisnis Anda.

Hasilnya, penjualan berpindah dari toko fisik ke toko on-line dan e-commerce. Untuk mempertahankan penjualan, pelaku usaha sebaiknya pindah ke atau menambahkan toko on-line. Anda juga bisa memanfaatkan layanan pengiriman makanan dan barang agar tetap bisa menjangkau konsumen Anda. Intinya, pantau terus perilaku dan keinginan konsumen dan sesuaikan mannequin bisnis jika dibutuhkan. Di period digital sekarang yang semuanya dapat diakses dengan mudah melalui handphone kamu, dari kendaraan darat sampai udara semua kini bisa dipesan tanpa harus keluar rumah.

Bagi pengusaha Indonesia mengingkatnya biaya listrik dan juga BBM saat ini sangat tinggi. Akibatnya, produk impor dari luar negeri terus menerus membanjiri pasar domestik. Satu hal yang menjadi perhatian dalam menentukan suatu usaha yaitu melihat prospek dari usaha tersebut apakah bisa bertahan lama atau musiman. Tapi sayang tidak sedikit dari para pelaku usaha masih mengabaikan hal ini. Kecepatan organisasi dalam merombak proses bisnisnya menurutnya juga menentukan kemampuan bertahan menghadapi ketidakpastian di masa pandemi maupun setelahnya.

berbisnis di masa yang akan datang

Anda bisa mendapat ide dari pengalaman sendiri maupun orang lain, dan bahkan lingkungan. Dengan kreativitas, pengamatan yang baik, serta kemauan untuk maju, cara melihat peluang usaha sederhana bisa berkembang menjadi bisnis sukses yang bermanfaat. Lingkungan serta orang-orang di sekitar bisa menjadi inspirasi yang bagus untuk mencari ide usaha. Anda bahkan bisa mendapat keuntungan ekstra, yaitu melihat sendiri apa yang dibutuhkan orang lain, sehingga bisa mendapat foundation pelanggan pertama secara langsung. Perusahaan menggunakan TI untuk memperbaiki cara mereka merancang dan mengelola hubungan terhadap pelanggan.

Meskipun hal tersebut merupakan hal yang wajar ditemui pelaku usaha, namun tidak sedikit pelaku usaha yang merasa khawatir dalam menghadapi berbagai situasi tersebut. Karena itu menjalankan usaha harus direncanakan dengan matang sehingga dalam perjalanannya bisnis akan menjadi lebih terarah dan fokus. Sebelum pandemi COVID-19 perusahaan baik rintisan maupun yang sudah besar masih mencari cara terbaik untuk beradaptasi di masa digital. Akibatnya perusahaan tradisional terdisrupsi, sementara industri yang sudah mengadopsi teknologi digital dan perangkat lunak akan berkembang lebih cepat.

Untuk bertahan hidup, sebuah bisnis harus mampu beradaptasi dan terus berinovasi. Riset pasar dan juga produk harus dikembangkan agar bisnis tetap berkembang dan selalu ada hal yang baru dalam sebuah usaha. Dengan mengikuti perkembangan jaman, sebuah bisnis akan berkesempatan untuk terus berkembang dan bertahan lama. Untuk promosi dan penjualannya Anda bisa menggunakan media sosial, marketplace, discussion board maupun toko on-line. Sistem pembayaran juga bisa lewat transfer financial institution, COD atau bayar saat barang sampai.